Latihan Soal UKG Online 2012 - Kali ini kampus-info akan memberikan contoh contoh soal tentang Uji Kompetensi Guru Tahun 2012. kami akan berikan beberapa contoh soal ukg online 2012 dan juga contoh soal pedagogik UKG online 2012 ini untuk bapak ibu guru semua yang yang membutuhkan, dan semoga bermanfaat dan tentunya bapak ibu guru semua lulus ujiannya. Berikut ini contoh latihan soal UKG online 2012.
Latihan Soal UKG Online 2012
SOAL UJI KOMPETENSI GURU :1. SCL adalah salah satu inovasi di bidang pendidikan yang bercirikan:
a. Menekankan transfer pengetahuan dari guru ke siswa,2. Pemilihan model pembelajaran sangat bergantung pada:
b. Lebih menekankan pada penguasaan materi,
c. Penekanan pada pencapaian kompetensi,
d. Proses pembelajaran dan penilaian dilakukan secara terpisah,
e. Penekanan pada ketuntasan materi pelajaran.
a. Sarana-prasarana,3. Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi:
b. Siswa,
c. Kurikulum,
d. Guru,
e. Semuanya benar.
a. Perkembangan model pembelajaran,4. Model pembelajaran yang meminta siswa untuk mengurutkan dan menjelaskan gambar setelah guru menyampaikan materi adalah:
b. Cara belajar siswa,
c. Cara mengajar guru,
d. Perkembangan bahan ajar,
e. Semuanya benar.
a. Cooperative Script,5. Model pembelajaran yang mengedepankan kerjasama sesama guru serta melakukan perencanaan, praktek mengajar, observasi Refleksi/kritikan terhadap pembelajaran adalah:
b. Metode Jigsaw,
c. Snowball Throwing,
d. Problem Solving,
e. Picture and Picture.
a. Lesson Study,7. Model pembelajaran dengan cara membuat pertanyaan yang dituliskan pada kertas lalu diberikan pada ketua kelompok untuk dilempar ke siswa lain untuk dijawab adalah:
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.
a. Lesson Study,8. Model pembelajaran dimana guru membagi topik tertentu menjadi beberapa subtopik, selanjutnya membagi siswa ke dalam kelompok belajar kooperatif, setiap anggota bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap subtopik, adalah:
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.
a. Lesson Study,9. Model pembelajaran yang mempunyai kelebihan mendorong siswa berpikir secara ilmiah, kreatif, intuitif dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri, menumbuhkan sikap objektif, jujur dan terbuka, adalah:
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.
a. Role Playing,10. Model pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis, adalah:
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.
a. Role Playing,11. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah:
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.
a. Role Playing,12. Beragam teknik penilaian dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentangkemajuan belajar siswa, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajar. Teknik-teknik penilain tersebut adalah sebagai berikut, kecuali:
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.
a.Penilaian unjuk kerja13. Dalam Soal tes tertulis peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti berikut, kecuali:
b. Penilaian sikap
c. Penilaian observasi langsung
d. Penggunaan tertulis
a. Memberi tanda14. Tes tertulis dalam bentuk mensuplai jawaban dapat dibedakan, kecuali menjadi:
b. Mewarnai
c. Membaca
d. Menggambar
a.multiple choice15. Tes ini dapat digunakan untuk menilai kemampuanberfikir tinggi !
b. isian
c. jawaban singkat
d. uraian.
a. tes sebab-akibat16. Tes tertulis bentuk ini merupakan alat penilaian yang menuntut peserta didik untuk mengingat, memahami, dan mengorganisasikan gagasannya atau hal-hal yang telah dipelajarinya.
b. tes benar – salah
c. tes menjodohkan
d. tes pilihan ganda.
a. jawaban singkat17. Dalam menyusun alat penilaian tertulis perlu dipertimbangkan hal-hal berikut, kecuali .........
b. uraian
c. isian
d. pilihan ganda.
a. jumlah item18. Tes pilihan ganda memiliki beberapa kekurangan diantaranya tersebut berikut ini, kecuali .........
b. karakteristik mata pelajaran
c. materi
d. konstruksi
a.peserta didik tidak mengembangkan sendiri jawabannya19. Kelemahan tes tertulis bentuk uraian antara lain .....
b. menimbulkan kecenderungan anak didik tidak belajar
c. kurang dapat untuk memodifikasi kegiatan pembelajaran
d. banyak digunakan untuk penilaian ketrampilan berbahasa secara
formal.
a. peserta didik dapat mengekspresikan gagasan atau pendapatnya20. Keberhasilan pembelajaran bergantung pada beberapa hal, kecuali ....
b. dapat menilai berbagai jenis kompetensi
c. cakupan materi yang ditanyakan terbatas
d. peserta didik dituntut untuk mengemukakan pendapatnya dengan kata-katanya sendiri.
a. efektifitas penilaian kelas21. Penilaian kelas yang baik akan memberikan informasi yang bermanfaat, kecuali
b. cost benefit yang besar
c. perancangan penilaian secara sistemasis
d. perlakuan penilaian yang secara terus-menerus dan berkesinambungan.
a. bagi orang tua, dapat meningkatkan gairah kerjanya agar dapat22. KTSP menuntut adanya perubahan dalam mengelola proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus (a). Inovatip dan Kreatip (b) Paradikma Teaching berubah menjadi learning (c). cara berpikir produktip menjadi reflektip dan (d ). Demonstrating the knowledge. Soal : dari pernyataan tersebut yang tidak sesuai adalah :
membiayai sekolah anak-anaknya
b. bagi guru, dapat meningkatkan efektifitas mengajarnya
c. bagi peserta didik, akan meningkatkan kualitas kegiatan/hasil belajarnya
d. mampu memotivasi anak didik meningkatkan terus upaya belajarnya.
A. (a) dan (b)23. Menggunakan media dan menggunakan teknik presentasi merupakan salah satu cara mengelola pembelajaran akan :
B. (a) dan (d)
C. (d)
D. (c)
(a) menarik perhatian siswa.Soal : Dari pernyataan tersebut yang benar adalah :
(b). Membosankan siswa
(c). Meningkatkan daya serap siswa
(d). Merepotkan dan membebani guru
A. (a) dan (b)24,Sumber belajar adalah segala macam sumber yang memungkinkan siswa belajar. Ada bermacam-macam sumber belajar yaitu yang benar terdiri dari :
B. (a) dan (c)
C. (b) dan (d)
D. (c)dan (d)
A. pesan dan orang25. Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar siswa.
B. Alat dan teknik
C. Lingkungan,
D. pesan dan bahan
( boleh pilih lebih dari satu jawaban).
Soal : Pernyataan tersebut merupakan konsep media yang dinyatakan oleh:
A. Palmer, W26. Yang termasuk bahan pertimbangan dalam memilih media dalam pembelajaran diantaranya adalah :
B. Gagne
C. Bright
D. AECT
A. harus membuat terlebih dulu27. Manakah media yang paling baik untuk mengajar
B. Kesesuaian dengan tujuan dan bahan
C. harganya mahal dan modern
D. Pengoperasiannya sulit.
A. VCD28. Fungsi GBIPM (Garis Besar Isi Program Media) adalah
B. Flip
C hart
D. OHT
E. LCD
A. instrument perencanaan media dalam pembelajaran29. Media dalam pembelajaran harus didisain dengan baik dan menarik. Hal ini karena media bukan semata-mata berperan sebagai perantara atau pengantar pesan, tetapi media juga perperan sebagai Perangsang:
B. Instrument Pengembangan Media dalam pembelajaran
C. Instrument Pemilihan Media dalam pembelajaran
D. Perencanaan Program Media dalam pembelajaran
(boleh pilih lebih dari satu jawaban)
A. Pikiran dan Perasaan30. Pilihlah jenis huruf berikut ini yang menurut saudara paling tepat untuk membuat media OHT/Slide presentasi
B. Perhatian dan minat
C. Menarik perhatian
D. Menarik Minat.
(boleh memilih dua opsi yang tepat)
A. Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran31. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
B. Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
C. Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
D. Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
a. sikap penulis32. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
a. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup33. Bagian penutup suatu karya tulis ilmiah, pada umumnya menyajikan tentang
b. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d. abstrak, bagian inti, penutup
a. rangkuman dan tindak lanjut34. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran
a. pendidikan35. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
a. fakta atau kenyataan36. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian
a. resmi37. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
b. baku
c. impersonal
d. personal
a. daftar pustaka38. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran
a. memaparkan bidang ilmu tertentu39. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis
a. senjata makan tuan40 Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
b. kumbang cantik pengisap madu
c. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d. pengaruh obat bius yang menghebohkan
a. sistematika tulisan41. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang
a. artikel laporan dan artikel rujukan42. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
b. artikel konseptual dan artikel teoritis
c. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
a. kelayakan ide untuk dipublikasikan43. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
b. wacana tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
a. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi44. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
a. abstrak45. Referensi memuat semua rujukan yang
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
a. pernah dibaca penulis46. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan tulisan
a. apa inti teori/konsep yang dibahas?47. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
a. menjelaskan partisipan48. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
b. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian
a. panjang tulisan49. Rekomendasi untuk judul adalah
b. nada tulisan
c. gaya tulisan
d. bahasa tulisan
a. 8-10 kata50. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat di bagian
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
a. pendahuluanESSAY :
b. metode
c. hasil
d. diskusi
1. Jelaskan beberapa inovasi dalam bidang pendidikan yang bapak/ibu ketahui, apa kelemahan dan keunggulannya.
2. Jelaskan dampak perkembangan Ipteks pada inovasi bidang pendidikan dan inovasi di bidang pembelajaran.
3. Buat RPP ringkas untuk mata pelajaran tertentu menggunakan satu atau lebih model pembelajaran inovatif yang bapak/ibu anggap sesuai dengan mapel tersebut.
4. Dalam praktik pembelajaran, paling banyak dipergunakan teknik penilaian tertulis. Setujukah anda atas pernyataan tersebut ? Mengapa demikian ?
5. Adakah teknik penilaian yang dapatdipergunakan untuk menilai berbagai kompetensi ? Berikan alasannya !
6. Berikan alasan! Mengapa Teknik Penilaian Tertulis, khususnya alat penilaian tes pilihan ganda kurang dianjurkan pemakaiannya dalam penilaian pembelajaran yang otentik dan berkesinambungan ?
7. Apa alasannya PTK selalu dirancang dalam bentuk tahapan siklus yang berulang-ulang ?
8. Apa hakekat utama dari penelitian tindakan kelas tersebut ?
9. Jelaskan makna dan fungsi dilakukannya PTK oleh seorang guru ?
10. Kenapa PTK tidak tepat dilakukan oleh orang lain ?
11. Apa tujuan dan manfaatnya jika dalam penelitian tindakan kelas dilakukan secara kolaboratif dengan pihak lain (dosen LPTK) ?
12. Prinsip-prinsip apa aja yang harus dipertimbangkan dalam melaksanakan sebuah PTK ?
13. Faedah apa yang dapat dipetik dengan model penelitian yang bersifat siklus dan reflketif ?
14. Jelaskan ciri-ciri yang dimiliki oleh PTK ?
15. Sebutkan langkah-langkah pokok dalam menentukan sebuah tema PTK !
16. Apakah semua masalah dalam pembelajaran dapat diteliti dengan dengan PTK, berikan alasan anda !
17. Kenapa PTK senantiasa diharuskan bersumber dari guru kelas ?
18. Sebutkan garis besar struktur dari sebuah proposal PTK !
19. Pertimbangan-pertimbangan apa saja yang harus diperhitungkan dalam PTK?
20. Setelah membaca uraian di atas, coba bapak dan ibu simpulkan bagaimana caranya mengenal
karakteristik karya tulis ilmiah. Jelaskan mengapa bapak dan ibu menyimpulkan seperti itu?
21. Sebutkan aspek-aspek yang dapat menggambarkan karakteristik suatu karya tulis ilmiahdan berikan penjelasan singkat untuk setiap aspek. Berdasarkan uraian itu, coba simpulkan karakteristik karya tulis ilmiah!
22. Secara umum, struktur sajian suatu karya tulis ilmiah terdiri dari bagian awal, inti, dan bagian penutup. Coba jelaskan deskripsi masing-masing bagian dan apa bedanya dengan struktur sajian karya non ilmiah?
23. Jelaskan mengapa abstrak merupakan bagian terpenting dalam laporan dan artikel penelitian
24. Sebut dan jelaskan perbedaan karya tulis ilmiah hasil pemikian dan hasil penelitian!
25. Carilah salah satu artikel hasil penelitian, telaah unsur-unsur yang terdapat pada artikel itu!
0 komentar
Posting Komentar